Senin, 14 Oktober 2013

ANOMALI CINTA

   Terkadang gue bingung sendiri sama yang namanya cinta. Saking bingungnya, gue sampe netek ke sapi jantan Belgia. Padahal kita semua ngerasain cinta, baik dari keluarga, dari temen, dari sahabat, maupun dari pacar. Tapi sebenernya apakah cinta itu? Ada yang tau definisinya?

   Bagi ABG-ABG jaman sekarang, "cinta" udah jadi makanan sehari-hari. Entah itu makannya pake nasi ato dimakan begitu aja(?). Bahkan gue yang masih 13 tahun udah punya 3 mantan. Ada temen gue yang seumuran punya 7 mantan. Ada lagi temen dari temen gue yang seumuran punya 20 mantan, dan dia itu cewek. Keren abis.

   Cinta itu emang absurd. Cinta itu emang sulit ditebak. Cinta itu emang abstrak. Tapi perlu lo ketahui, hal yang abstrak itu lebih indah daripada hal yang nyata.




   Setelah gue telusuri, akhirnya gue menemukan cara mudah mengartikan cinta. Ternyata cinta itu kayak pisau.

Cinta itu kayak pisau.
Kalau ga hati hati nggunain, bisa nyakitin.

Cinta itu kayak pisau.
Gabisa tajam dengan sendirinya.

Cinta itu kayak pisau.
Kalo salah pilih bisa gaberguna.

Cinta itu kayak pisau.
Harus sering diasah biar tetep tajem.

Cinta itu kayak pisau.
Kalo udah berkarat mudah patah. (BagonKids)
Pisau punya "mata" yang garata,
begitu pula cinta yang punya "jalan" yang garata.

Cinta itu C.I.N.T.A, pisau itu P.I.S.A.U
 jadi cinta itu kayak pisau.

Cinta itu persahabatan antara Spongebob sama Patrick.
Spongebob itu suka masak, Patrick itu agak dondong.
Jadi, cinta itu kayak pisau(?)

   Dari teks diatas, kita bisa menyimpulkan kalo cinta itu sebenernya mudah diartikan. Lo mau ngartiin cinta kayak berak aja bisa kok. Gini misalnya:
"Cinta itu berharga. Berharga itu harta. Harta itu emas.
Emas itu kuning. Kuning itu warna berak. Jadi, cinta itu kaya berak."

   Yap, cinta itu emang mudah diartikan dengan apa aja. Tapi cinta itu sulit banget buat didefinisiin. Memang, cinta itu abstrak. Tapi perlu gue tekankan lagi, hal yang abstrak itu lebih indah daripada hal yang nyata.



   Cinta itu sulit ditebak. Gue udah punya banyak contoh untuk persoalan itu, diantaranya adalah kisah gue sendiri sama pacar gue. Dimulai dari Twitter, sampe sekarang udah 7 bulan lebih (baca From Twitter with Love di bab Angka 13 untuk tau lebih lanjut). Contoh lain adalah kisah gue sama mantan gue yang udah PDKT dengan soswitnya, setelah jadian cuma bertahan 3 hari. Gini ceritanya.

   2 bulan setelah gue putus sama pacar pertama gue di SMP, Dipta, akhirnya gue memutuskan untuk move on. Gue tuh orang yang susah banget buat ngejomblo. Baru 2 bulan jomblo, gue udah nggak bisa ngerasain saraf cinta gue. Serasa saraf cinta gue lumpuh n kena virus SMMBK (Single Makes Me Broken Heart). Pokoknya gue illfeel sama yang namanya njomblo.

   Lanjut,

   Gue pun nyari cewek yang menurut gue pas buat gue jadiin tempat bersinggah hati. Akhirnya gue ndeketin Laras, si cewek yang cuma jadi pacar gue 3 hari. Sebenernya sih, gue cuma coba-coba sama dia. Yaa, karena gue percaya bahwa cinta itu dateng dari kita yang udah terbiasa. Disaat gue ndeketin dia, banyak masalah yang terjadi. Mulai dari gue enggak ngerjain PR (ini kayaknya udah jadi kebiasaan gue), sampe gue dimusuhin sama temen gue yang sangat berpengaruh di sekolah gue. Setelah 2 minggu gue PDKT dengan dia, gue akhirnya nembak dia. Dia pun nerima. Kita resmi pacaran.

   Selama pacaran sama dia, gaada hal yang menarik kayak ada sapi yang tiba-tiba ngadain pesta pernikahan lalu berak ditempat atopun MadDog tiba-tiba jadi tunawisma dan memutuskan untuk jadi transgender. Yaa, isinya cuma smsan, smsan, smsan, lalu putus. Namanya juga cuma 3 hari pacaran. Setelah hubungan gue dan dia resmi jadi mantan-mantanan, gue dan dia lama2 renggang hubungannya dan akhirnya lost contact.

   Yap, cinta itu emang sulit ditebak. Kadang lo udah ngelakuin segala cara supaya elo ndapetin cinta lo, cinta lo malah berakhir dengan bertepuk sebelah tangan. Kadang lo ngga ngelakuin apa-apa, cinta malah dateng dengan sendirinya.


   Cinta itu absurd. Banyak surprise yang ada didalam cinta. Bahkan surprise itu yang aneh-aneh. Kayak pas lagi seneng-senengnya, 2 hari kemudian berantem. Temen gue yang udah lama suka sama seseorang, gapernah dibales cintanya. Ada lagi temen gue yang cuma milih jadi HTS daripada pacaran. Alesannya cuma satu, takut ditolak. Mungkin kasus tadi banyak terjadi di kalangan masyarakat. Tapi menurut gue itu freak. Dan yang paling absurd dari kasus-kasus yang pernah gue liat adalah: kisah 2 kucing yang sedang jatuh cinta.

   Begini ceritanya.

   Malem Sabtu, tanggal 4 Oktober, gue lagi khusyuk-khusyuknya mbaca Al-Qur'an. Yaa, sekali-kali ngalim. Walopun gue mbacanya kayak anak TK dicekoki vodka 3 liter terus disuruh mbaca "three witch found watch branded Swatch watch, so which witch use that Swatch watch?", gue tetep semangat mbaca Al-Qur'an. Adzan Isyak pun berkumandang. Gue langsung berhenti mbaca Al-Qur'an. Karena gue lagi kepanasan, entah itu efek mbaca Al-Qur'an ato bukan, gue pergi ke teras rumah. Pas lagi di depan pintu, gue lihat sesosok kucing yang gaasing bagi gue. Pertamanya gue kira itu Moci kucing peliharaan gue. Ternyata itu adalah kucing liar yang mirip kayak Moci. Gue tengok kanan tengok kiri, ternyata ada 2 kucing di halaman depan teras rumah gue. Yang satu Moci yang berhakekat kucing betina, dan yang satu lagi Bukan-Moci yang gue prediksi kucing jantan.

   Mereka saling memandang. Tapi waktu Moci ndeketin Moca (si kucing jantan), Moca malah njauh. Begitu juga sebaliknya. Mereka ngelakuin itu terus-terusan. Disini gue baru menyadari ternyata mereka lagi kena penyakit malu-malu kucing. Dan disini gue menyadari juga bahwa inilah malu-malu kucing yang sebenernya. Inilah kejadian yang selalu dikaitin sama orang yang lagi PDKT, dimana kalo ada yang pengen ndeket, yang lain malah sembunyi ato malah njauh.

   Lanjut cerita, dua-kucing-yang-lagi-sama-sama-jatuh-cinta itu tetep aja begitu. Karena gue capek ngeliatnya, gue masuk ke rumah. Anggota keluarga gue yang liat kucing lagi malu-malu kucing(?) pun juga masuk rumah. Setelah semua saksi mata nggak ada di TKP, Moci dan Moca malah saling deket dan saling tatap-tatapan, seperti sepasang kucing yang bahagia karena udah nemuin jodoh masing-masing. Ngga lama setelah mereka saling menatap dan terus menatap, Bapak gue pulang. Beliau tanya kenapa ada 2 kucing di depan rumah. Gue njawab yang satu itu kucing liar dan mungkin pengen kenalan sama Moci. Ndenger penjelasan gue, Bapak gue yang agak benci sama kucing ngambil semprotan yang biasanya buat mandiin burung dan langsung nyemprotin Moca. Moca lari ketakutan.30 menit kemudian, Moca mbalik untuk ketemu Moci tapi Moci udah di dalem rumahnya Mbak Hani. Karena Moca gaketemu Moci, si kucing jantan yang jauh lebih besar dan lebih tua dari Moci itu pun mengeong semalaman. Itu mbuat gue gabisa tidur.

   Dari cerita diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa:
  1. Enggak cuma manusia yang ngerasain cinta. Kucing pun ngerasain cinta.
  2. Enggak cuma manusia yang bisa ngerasain cinta pandangan pertama, kucing pun bisa.
  3. Enggak cuma manusia yang bisa malu-malu kucing, kucing pun bisa malu-malu kucing.
  4. Kucing gambeda-mbedain mana kucing royal mana kucing liar. Kalo mereka cinta, tetep aja mereka       cinta
  5. Kucing enggak mengenal usia. Mau tua mau muda kalo mereka cinta, mereka bakal tetep cinta.


   Well guys, emang cinta itu udah kayak bumbu kehidupan kita. Tanpa cinta mungkin hidup ini gabakal berasa. Bagi elo yang jomblo, jangan negative thinking dulu. Cinta enggak cuma dateng dari pacar aja. Cinta juga dateng dari temen, sahabat, orang tua, kerebat, bahkan dateng dari Tuhan. You know, we can't life without love, man... :D

   THANKS FOR READING... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar